Tuesday, March 07, 2006

Oscar vs Scorsese

Dalam upacara penyerahan piala Oscar 2006, presenter Jon Stewart melontarkan komentar ini: "Martin Scorsese ZERO, Three 6 Mafia ONE!". Three 6 Mafia adalah pemenang Oscar untuk kategori Original Song (berjudul "Its Hard Out Here For A Pimp" dalam Hustle & Flow). Mereka baru pertama masuk nominasi, dan langsung pulang mengantongi penghargaan bergengsi ini.

Sebuah ironi, memang. Sutradara sekaliber Martin Scorsese belum pernah satu kalipun memenangkan piala Oscar, sekalipun sudah masuk nominasi 6 kali (sejak tahun 1980 untuk film Raging Bull, sampai tahun 2005 untuk The Aviator).

Martin Scorsese sangat produktif. Ia menyutradari 42 film (film panjang, dokumenter, maupun program TV) sejak tahun 1959 sampai sekarang. Itu berarti, ia konsisten berkarya selama 47 tahun! Empat karya pertamanya berupa film pendek. Film panjang pertama yang disutradarinya berjudul Who's That Knocking at My Door (1967). Daftar panjang sepak terjang Scorsese bisa dilihat di situs IMDb.

Salah satu ciri khas Scorsese adalah (minimal dalam pandangan saya): ia tidak pernah membuat film "lunak". Semua film-nya bertema berat. Mulai dari Taxi Driver, Raging Bull, Goodfellas, Cape Fear, dan Casino; semua menghasilkan "dark feeling" bagi penontonnya. Salah satu film yang mengundang kontroversi sangat besar adalah The Last Tempation of Christ (1988). Scorsese sendiri pernah berkata: "Because of the movies I make, people get nervous."

Apakah karena ciri khas itu maka dewan juri Academy Award tidak pernah memilihnya? Saya tidak tahu. Semoga tahun depan Scorsese kembali masuk nominasi dan memenangkan Oscar. He deserve it!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home