Wednesday, March 01, 2006

Antara Novel dan Film

Salah satu sumber inspirasi cerita film adalah: buku, entah non-fiksi (karya jurnalistik, sejarah, atau biografi) maupun fiksi (novel, cerita pendek, atau cerita bersambung). Oleh karena saya juga suka membaca, maka seringkali saya menonton film yang diangkat dari buku (terutama novel) yang juga saya baca.

Kadang saya lebih dahulu membaca novelnya, dan baru kemudian menonton filmnya. Atau kebalikannya, gara-gara menonton film, saya jadi terdorong untuk membaca novelnya.

Kalau ternyata film yang diangkat dari sebuah novel itu sama bagusnya (tentu saja ini ukuran subyektif saya, lho) dengan cerita di novel aslinya, maka nggak ada masalah.

Susahnya, saya lebih sering ketemu dengan film yang saya nilai tidak bisa mewakili kualitas novelnya. Akibatnya, pulang dari nonton bukannya terhibur, tetapi malah kecewa berat.

Mungkin, ketika saya membaca sebuah novel, di benak saya tergambar sosok tokoh, setting, dan adegannya. Dan ketika apa yang sudah terbayangkan itu tidak sama dengan apa yang disajikan di dalam film, terjadilah kesenjangan imajinasi yang menimbulkan kekecewaan.

Tapi kadang, sebaliknyalah yang terjadi. Oleh karena pernah menonton suatu film, image yang ada di film itu kemudian mewarnai imajinasi saya ketika membaca novel.

Misalnya, saya sangat menyukai serial TV The X-Files. Di film seri itu, ditampilkan tokoh Assistant Director Skinner, yang menjadi atasan Mulder dan Scully. Image Pak Skinner ini begitu kuat tertempel di benak saya, sehingga ketika saya membaca tentang Assistant Director Crawford (bossnya Clarice) dalam novel The Silence of The Lamb, profil Skinner-lah yang muncul di bayangan saya.

Daftar film yang sama asyik dengan novelnya*:
  1. Jurasic Park
  2. Silence of The Lamb
  3. Hannibal
  4. Forrest Gump
  5. The General's Daughter
Daftar film yang kalah asyik dibanding novelnya*:
  1. Timeline
  2. The Chronicles of Narnia
  3. Clear and Present Danger
  4. Patriot Games
  5. Catch Me If You Can
  6. The Hunt of The Red October
  7. Harry Potter (semuanya)
  8. The Lost World
__________

* kriteria penilaian daftar di atas adalah selera pribadi saya, lho.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home