Tuesday, August 16, 2005

Film Cinta yang Cerdas

Baru-baru ini, saya menonton You've Got Mail lagi. Mungkin ini yang ke-5 kalinya. Kenapa sampai berulang kali? Well, film ini meramu 4 hal yang kebetulan sangat saya senangi: buku, internet, pasangan Tom Hanks-Meg Ryan, dan Nora Ephron.

Saya yakin, Anda kenal dengan Tom Hanks dan Meg Ryan. Tapi Nora Ephron, tak banyak orang yang mengenalnya, padahal dia adalah tokoh perfilman yang cukup disegani di Holywood. Ia berperan sebagai sutradara, produser, dan penulis skenario dalam beberapa film laris: When Harry Met Sally (1989), Sleepless in Seattle (1993), Michael (1996), dan yang baru saja beredar Bewitched (2005).

Kekuatan terbesar Nora adalah pada penulisan skenario, khususnya untuk genre komedi romantis. Majalah TODAY menyebutnya sebagai "Queen of romantic comedy". Saya sangat setuju dengan sebutan itu.

***

Kalau ada yang paling berkesan bagi saya dari film-film Nora Ephron, maka itu adalah: percakapan yang cerdas di antara para tokoh ceritanya. Mungkin latar belakangnya sebagai jurnalis dan penulis essay-lah yang membuatnya mampu mereka-reka percakapan yang tidak cengeng, tidak berbunga-bunga, berisi, namun tetap romantis.

Tidak percaya, coba cari film-film yang saya sebutkan di atas; kalau bisa, cari dalam format DVD (bukan yang bajakan, tentunya), supaya Anda bisa menampilkan subtitle bahasa Inggrisnya. Maka Anda pasti akan setuju dengan pendapat saya.

***

Oh, betapa saya merindukan lebih banyak lagi kisah cinta yang cerdas di dalam film dan sinetron Indonesia. Saya sudah bosan dengan dialog yang mengada-ada, yang tidak membumi, yang nyinyir dan cengengnya setengah mati. Saya tahu, tidak semua penonton memiliki selera seperti saya. Namun, saya yakin juga, banyak orang yang sependapat dengan saya.

PS: Jangan bilang siapa-siapa ... saya sudah menonton Sleepless in Seatle lebih dari 10 kali.

1 Comments:

Blogger keren said...

knapa dinamakan "film cinta yang cerdas" truz knapa ditampilkan di layar tancep.

2:02 PM  

Post a Comment

<< Home